Tampilan E-Paper GDEH0213B72 pada Mikrokontroler STM32

3 min read 22-08-2024
Tampilan E-Paper GDEH0213B72 pada Mikrokontroler STM32

Pendahuluan

Dalam dunia teknologi yang semakin berkembang, tampilan digital telah menjadi salah satu aspek yang penting. Salah satu jenis tampilan yang sering digunakan adalah tampilan E-Paper atau E-ink. Tampilan ini biasanya memiliki keunggulan dalam konsumsi daya yang rendah dan kemampuan untuk menampilkan gambar statis dengan kontras yang baik. Salah satu varian tampilan E-Paper yang menarik adalah GDEH0213B72. Artikel ini akan membahas bagaimana tampilan GDEH0213B72 dapat digunakan dalam proyek berbasis mikrokontroler STM32.

Apa Itu E-Paper GDEH0213B72?

E-Paper GDEH0213B72 adalah salah satu modul tampilan E-ink dengan ukuran 2.13 inci. Dengan resolusi 212 x 104 piksel, layar ini dapat menampilkan gambar dan teks dengan jelas. Kelebihan utama dari E-Paper adalah kemampuan untuk menunjukkan gambar tanpa memerlukan daya yang terus-menerus, sehingga sangat efisien untuk aplikasi yang memerlukan tampilan statis.

Spesifikasi Utama

  • Ukuran Layar: 2.13 inci
  • Resolusi: 212 x 104 piksel
  • Tipe Tampilan: Monokrom (hitam dan putih)
  • Konsumsi Daya: Sangat rendah saat menampilkan gambar statis
  • Interface: SPI (Serial Peripheral Interface)

Persiapan Alat dan Bahan

Sebelum memulai dengan implementasi tampilan E-Paper GDEH0213B72 pada mikrokontroler STM32, ada beberapa alat dan bahan yang diperlukan:

  1. Mikrokontroler STM32: Anda bisa menggunakan berbagai jenis STM32, seperti STM32F103C8 (Blue Pill) yang cukup populer.
  2. Modul E-Paper GDEH0213B72: Pastikan anda membeli modul yang sesuai.
  3. Kabel Jumper: Untuk menghubungkan mikrokontroler dengan modul E-Paper.
  4. Software IDE: Arduino IDE atau STM32CubeIDE untuk pemrograman.
  5. Library E-Paper: Anda akan memerlukan library khusus untuk mengontrol tampilan E-Paper. Beberapa pilihan juga tersedia di platform seperti GitHub.

Rangkaian Koneksi

Setelah mempersiapkan semua alat dan bahan, langkah berikutnya adalah menghubungkan modul E-Paper dengan mikrokontroler STM32. Berikut adalah skema dasar koneksi yang perlu diperhatikan:

  • VCC (modul E-Paper) ke 3.3V (STM32)
  • GND (modul E-Paper) ke GND (STM32)
  • DIN (MOSI) ke PB15 (STM32)
  • CLK (SCK) ke PB13 (STM32)
  • CS ke PA4 (STM32)
  • DC ke PA3 (STM32)
  • RST ke PA2 (STM32)
  • BUSY ke PB0 (STM32)

Pemrograman

Setelah melakukan pengkabelan, langkah berikutnya adalah pemrograman mikrokontroler untuk mengendalikan tampilan E-Paper. Berikut adalah contoh kode sederhana menggunakan Arduino IDE, yang juga dapat digunakan dengan STM32 setelah mengatur board dan library dengan baik.

#include <GxEPD.h>
#include <GxGDEH0213B72.h>
#include <GxIO.h>
#include <GxGFX.h>

GxIO_Class io(SPI, /*CS=4*/ PA4, /*DC=*/ PA3, /*RST=*/ PA2);
GxEPD_Class epd(io);

void setup() {
    epd.init();
    epd.setRotation(1);
    epd.fillScreen(GxEPD_WHITE);
    
    epd.setFont(&FreeMonoBold9pt7b);
    epd.setCursor(0, 24);
    epd.print("Hello, E-Paper!");
    
    epd.display();
}

void loop() {
    // Tidak perlu melakukan sesuatu di loop
}

Penjelasan Kode

  1. Inisialisasi Library: Kode dimulai dengan menyertakan library yang diperlukan untuk mengoperasikan tampilan E-Paper.
  2. Inisialisasi E-Paper: Pada fungsi setup(), E-Paper diinisialisasi dan layar diisi dengan warna putih.
  3. Menampilkan Teks: Dalam contoh ini, kita menampilkan teks “Hello, E-Paper!” di tampilan.
  4. Display: Memanggil fungsi epd.display() untuk memperbarui tampilan.

Menampilkan Gambar

Salah satu keunggulan E-Paper adalah kemampuannya untuk menampilkan gambar. Untuk menampilkan gambar, Anda harus mengubah bentuk gambar menjadi format yang didukung. Berikut adalah contoh cara menampilkan gambar:

#include "images.h" // pastikan menyertakan file gambar dalam format yang sesuai

void setup() {
    epd.init();
    epd.fillScreen(GxEPD_WHITE);
    epd.drawBitmap(0, 0, image_data, width, height, GxEPD_BLACK);
    epd.display();
}

Kesimpulan

Tampilan E-Paper GDEH0213B72 merupakan solusi yang sangat baik untuk aplikasi yang memerlukan tampilan statis dengan daya rendah. Dengan menggabungkannya dengan mikrokontroler STM32, pengguna dapat menciptakan aplikasi menarik yang memanfaatkan teknologi ini. Dari menampilkan teks hingga gambar, E-Paper menawarkan banyak kemungkinan untuk aplikasi yang beragam.

Dengan pemrograman yang tepat, Anda dapat menciptakan berbagai aplikasi inovatif menggunakan E-Paper dan mikrokontroler STM32. Selamat bereksperimen dan menciptakan proyek-proyek yang menarik!